Langsung ke konten utama

Baik Alami

Bismillaah

Sering ngobrol sama Uwi, sama Mamah. Tentang orang-orang yang baik alami dan orang-orang yang baik karena tuntunan. Sungguh banyak orang-orang baik yang secara tabiat mereka sudah baik dari bawaannya. Mereka mudah memaafkan, mereka cinta kebaikan, mereka seringnya menjadi korban ketidakadilan, tidak semua namun jika mereka tidak menjadi korban pun merekalah yang rela berkorban.

Aku bukan termasuk orang-orang yang baik alami itu, karena jika tidak mengenal Islam, jika tidak mengetahui ilmu tentang akhlaq dan adab, pastilah aku termasuk orang yang binasa, na'udzubillaah. Karena sungguh sangat banyak tingkah laku, tindak tanduk, getar hati, yang mengarahkan diri kepada kejelekan, yang bisa menyakiti banyak orang.

Tapi jika ingat cerita Naruto, setiap orang itu punya potensi kebaikan. Bahkan mereka yang dicap penjahat seringkali menjadi pahlawan bagi orang yang cintai dan mampu berkorban bahkan dengan nyawanya sendiri. Karena itulah fitrah kebaikan yang Allah tancapkan kepada manusia. 

Sebagaimanapun pasti Allah sentuh hatinya dengan cahaya hidayah, terlepas dari kehendak manusia tersebut untuk menyambutnya atau mengabaikannya. Jika ia menyambutnya maka selamatlah ia, Allah akan tuntun ia menuju berbagai kebaikan. Namun jika ia mengabaikannya maka Allah akan sesatkan ia dengan kesesatan yang tidak ada lagi petunjuk setelahnya.

Alhamdulillaah. Jika hari ini Allah selamatkan, jagalah hidayah itu dengan bersyukur. Semoga Allah kuatkan langkah untuk terus memperbaiki agar bisa menjadi diri manusia yang memang sesuai kehendak Tuhannya. Aamiin.

Komentar