Langsung ke konten utama

Akhir Tahun

Bismillahirraahmaanirrahiim


Aku baru sadar jika besok adalah tanggal 1 Januari 2021. Itupun setelah melihat terlalu banyak postingan akun yang mengingatkan bahwa merayakan tahun baru adalah haram, malam tahun baru adalah malam yang biasa saja, jangan bakar-bakar uang (menyulut kembang api dan petasan), hingga sindiran, "Lelaki itu bukan ngajak tahun baru tapi ngajak menempuh hidup baru."


Saat masih belia malam perayaan apapun memang sangat harus dirayakan. Tahun baru sering menjadi momen kumpul-kumpul dan begadang tiada artinya (jadi inget lirik Bang Roma 😅). Pagi hari akhirnya sholat subuh kesiangan dan badan lelah tidak karuan.


Sudah 25 tahun berganti dalam hidupku. Semakin dewasa aku semakin sadar bahwa perayaan yang aku lakukan begitu tidak memberikan manfaat sedikitpun dalam kehidupan pertamaku di awal tahun itu. Malah seringnya mengacaukan rencana-rencana baik yang telah aku susun sebelumnya.


Entah sejak kapan aku menjadi tidak begitu tertarik untuk merayakan atau memasang target hidup di awal tahun. Karena.. ga ngefek. Dan memang perubahan hidup tidak terjadi hanya karena pergantian tahun. Jika masih setia dengan diri yang dulu, percayalah.. hari yang katanya titik balik itu hanya berlalu sebagaimana hari-hari sebelumnya. Bahkan mungkin lebih buruk dari hari sebelumnya, jika hanya diisi dengan berbagai pelanggaran dan kesia-siaan.


Ironisnya. Di masa wabah seperti ini, masih banyak orang-orang yang tidak berempati, hanya memperjuangkan kebahagiaannya sendiri. Semoga Allah beri hidayah dan taufiq.

Komentar