Langsung ke konten utama

Ternyata Hanya Kulitnya

Bismillaah

Alhamdulillaah atas segala nikmat yang Allah berikan, atas nikmat hidayah, atas nikmat iman, atas nikmat ilmu, atas nikmat semangat dalam menuntut ilmu.

Mungkin memang kita diajarkan rukun Islam dan rukun iman sejak kecil, mungkin kita diajarkan sholat dan beribadah lainnya, mungkin kita diberikan pengajaran tentang akhlak dan adab, mungkin juga kita diajarkan tentang pergaulan dan muamalah.

Namun sejak mengenal Sunnah, sungguh apa-apa yang telah diajarkan kepada kita sewaktu sekolah atau di rumah dengan orang tua atau guru ngaji, hanya bagian luar saja dari luas dan dalamnya ilmu agama ini. Ilmu aqidah, ilmu fiqh, ilmu akhlak dan adab, ilmu pergaulan dan muamalah seperti hal baru yang asing karena saking butanya pengetahuan tentang ilmu tersebut.

Maka benarlah, jika pun ilmu-ilmu lain tidak dipelajari maka ilmu agama ini telah mencukupi bahkan manusia akan kewalahan jika ingin menampung seluruhnya.

Dan ilmu itu letaknya bukan di akal, bukan di pikiran namun di hati. Mungkin ilmu-ilmu yang telah kita pelajari sejak masih kecil itu hanya menyentuh akal belum ke hatinya, hingga ia hanya sebatas hafalan, ia hanya sebatas pengetahuan yang miskin akan pengamalan.

Semoga Allah selamatkan hati-hati kita dari ilmu yang tidak bermanfaat.

Komentar