Langsung ke konten utama

Bahagia Setelah Ujian

 Bismillaah


Ada rasa bahagia saat ujian telah usai, terlepas dari hasilnya bagus atau tidak. Apalagi jika sebelumnya sudah dipersiapkan secara matang, pasti sangat tidak sabar dengan hasilnya. Atau saat mengerjakan merasa mendapat kemudahan, hasil merupakan sesuatu yang sangat dinantikan.


Aku termasuk yang senang saat mau ujian, sedang ujian, setelah ujian. Ada setitik euforia. Engga yang bahagia-bahagia banget sampe loncat-loncat, nangis hari gitu, engga. Tapi perasaan menanti waktu ujian, saat prosesnya, apalagi setelah menyelesaikannya sangat-sangat legaa dan bahagia.


Duhhhh kangen CBT dan deg-degan nunggu hasil. Bahagia saat nilainya bagus dan sedih saat nilainya jelek. Tapi nilai jelek sepertinya tidak menimbulkan banyak trauma, malah aku semakin tahu bahwa ternyata aku belum belajar lebih. Mencoba lagi, gagal lagi.


Kangen juga saat ujian tulis. Kalau waktu masih banyak tapi soalnya ga ngerti jadi diem-diem bae. Atau karena sok pinter udah beres ngerjain terus jadi curat-coret curhat atau bikin puisi abal-abal.


Yaampun. Emang ujian nyenengin.

Meskipun hasilnya ga bagus atau bahkan jelek. Gapapa. Asal dikerjakan dengan jujur. Anti nyontek-nyentek club. Karena coba deh selami agak dalem, emang enak ya, mendapat nilai yang tak sesungguhnya mencerminkan diri?

Komentar