Langsung ke konten utama

Unduh Data

 Bismillaah


Kebiasaan, tiba-tiba ingin ngurusin akun Instagram yang sudah aku follow. Berlanjut ke keinginan ngubah preferensi explore-nya yang isinya artis, gossip, berita ga penting duniawi lainnya. Cari-cari di pengaturan ga ketemu gimana caranya ngubah tu feed explore. Merembet ke atur-atur notifikasi, saved posting, dan lainnya. Ada satu fitur menarik yang belum pernah dicoba. Unduh data.


Ga tau juga hasilnya kaya apa karena emang udah hampir setahun off aktivitas sosial sama temen di IG. Tapi feed dan IgStory sebelumnya memang diarsipkan. Baiqlah, klik unduh. Masukin email, masukin password. Katanya nunggu 24 apa 48 jam ya. Karena pihak Instagram butuh waktu untuk proses data tersebut.


Ternyata ga butuh waktu sehari, email tersebut datang beberapa jam kemudian. Aku unduh data tersebut, cukup kecil, hanya sekitar 25MB. Selesai mengunduh aku coba buka satu persatu. Voilà!! SEMUANYA ADA. Feed dan story, bahkan komentar-komentar dari awal akun Instagram tersebut dibuat, riwayat pencarian, akun yang pernah difollow, setiap aktivitas yang aku lakukan terekam seluruhnya. Dan itu banyaaaaaak banget dan tercatat waktunya.


Aku merenung. Selama ini ada yang aku sering lupakan. Bahwa setiap detik yang aku habiskan akan tercatat secara detail dan bukan lagi dalam bentuk laporan semacam itu. Kita akan dipertontonkan, akan diperlihatkan dengan jelas, gamblang, tanpa celah mengelak, karena semua yang ada pada diri orang tersebut dan alam yang mengitarinya akan bersaksi membenarkan apa yang telah diperbuat.


Betapa aku melalaikan kepastian itu. Kepastian kematian, kepastian fitnah kubur, kepastian buku amal, kepastian hisab, kepastian mizan, kepastian surga dan neraka.


Dunia telah merusak keyakinan. Ketakutan akan kehidupan dunia yang menyedihkan membuat hidup hilang arah. Padahal aku sudah mendengar ayatnya sejak lama, padahal aku telah mengkajinya sejak dulu.


Semoga Allah memperbaiki hatiku.

Semoga Allah tak sesatkan jalanku.

Komentar