Langsung ke konten utama

Kuatlah..!

Bismillaah

Ba'da shubuh tadi entah apa pemicunya, ia kembali bercerita. Tentang wanita-wanita kuat yang menginspirasinya, tentang kegundahan-kegundahan kecil yang ia abaikan di alam nyata namun membekas di Sukma, tentang pertanyaan-pertanyaan yang hingga kini usia pernikahannya menginjak seperempat abad belum juga ia ketahui jawabnya.

Aku mendengar dari kejauhan, betapa hidup telah banyak menghabisi banyak manusia. Mereka yang lemah akan binasa dalam kehinaan, seperti bunuh diri atau jadi gila. Mereka adalah 'korban' dari 'kebodohan' menjalani hidup. Memang, semua sudah digariskan Tuhan, namun berusaha untuk tetap waras juga salah satu takdir yang telah digariskan.

Manusia itu kuat, katanya. Dan benar, ada manusia yang melampaui batas, melesat lebih dari kebanyakan manusia. Orang-orang menyebutnya jenius, langka, dewa, super, luar biasa, spesial, istimewa, dan sebutan sejenisnya. Ada hal yang sama dari manusia sejenis itu, kerja keras dan kontinuitas.

Sambil menulis ini, aku menatap wajahnya yang sedang terlelap. Sejak kecil ia telah mengecap banyak keperihan, kepedihan, kesedihan. Saat ini, aku yakin ada luka, sayatan, hantaman, atau racun yang tengah bersarang di tubuhnya. Yang ia bawa ribuan hari, ikut berpindah dari tanah kelahirannya hingga kelak kepada tanah kematiannya.

Sekali lagi aku menatap wajahnya..
Aku hanya berharap, Tuhan jadikan aku..
Sebab abadi bagi kebahagiannya.

Komentar