Langsung ke konten utama

Sadar Diri, Sadar Potensi

Bismillaah

Dulu banget, pernah baca artikel di web Unpad. Random gitulah baca-baca karena sambil nunggu bimbingan skripsi. Ngenet depan SBA. Nemu lah artikel yang berkesan banget dan menarik banget buat aku.
Isinya tentang obat. Yang diwawancara itu Prof. Moelyono dosen Farmasi Unpad, beliau menjelaskan bahwa indonesia itu harusnya lebih unggul dalam industri herbal atau fitofarmaka karena alam kita sangat-sangat kaya. Dan hal tersebut yang bisa membuat negara kita adidaya.

Btw. Dulu dijajah karena saking kayanya kita sama rempah-rempah kan? Then why kita harus nganut ke pengobatan sintetis. Bukankah lebih baik kembali lagi ke alam? Selain membuat Indonesia lebih berdaya, obat herbal efek sampingnya minim. Ga akan tuh bikin kita sakit ginjal atau sakit lambung karena minum obatnya keseringan atau kebanyakan.

Prof memaparkan juga bahwa, emang sih obat herbal itu kerjanya lambat. Ya ga akan hari ini minum beberapa menit kemudian langsung enakan. Paling cepetnya sebulan! Tapi efeknya maksimal bro sis!
Sebulan itu si herbal ngapain aja sih? Ternyata seminggu pertama itu, herbal yang masuk tubuh ga langsung ke pusat sakit. Tapi detox dulu, ngebersihin racun-racun yang ada di tubuh kita. Minggu kedua, dia lanjut bertugas melancarkan aliran darah. For what? Supaya ntar distribusi obatnya lancar, tanpa hambatan. Minggu ketiga, si herbal benerin dulu sistem pencernaan kita. Karena obat herbal itu kan rata-rata diminum lewat saluran cerna, pastinya pengolahan dan penyerapan di saluran cerna harus baik juga. Naaah.. minggu keempat barulah dia beraksi. Setelah semua sistem pendukungnya bekerja rapi dia cus kepada yang sakit. Nyembuhinnya lebih dalem gitu.

MasyaAllah..

Nyambung masalah makanan.
Akhir-akhir ini di sosmed lagi hits juga tuh back to nature. Makanan-makanan sintetis lagi gencar dihindari. Makanan lebih ke buah-sayur-umbi-umbian. Proses masaknya ngurangin banget goreng-gorengan. Minumnya infused water, ituloh buah atau sayur atau rempah yang direndem air 6-12 jam. Baru diminum deh buat dapet nutrisi maksimal dari makanan tersebut.
Dan gaya hidup di atas bener banget. Selaras dengan penjelasan kata pengantar buku Thibbun Nabawi yang aku baca. Simpelnya manusia sekarang banyak makan sintetis, jadi obatnya sintetis juga. Mau pake herbal ga akan mempan soalnya di tubuh orang tersebut si herbal ga klik buat ngobatinnya. Orang zaman dulu makannya dari tanah semua, ya obatnya wajar dari tanah juga. Manjur.

Pak Setiawan (Dosen FKEP Unpad) yang concern di mikrobiologi dan herbal pernah bilang hal serupa. Kalau mau pake herbal ya herbal, kalau mau pake sintetis ya sintetis. Cuma aku dulu ga ngeuh. Kalah ngahuleng. Dasar ya, masih jahil. 

Soooooooo...
Let's back to nature!
Karena kita ini dari tanah, balik lagi ke tanah. Ya makannya juga dari yang tumbuh di tanah doong. Jan banyak makan yang dimacem-macemin, nanti penyakitnya juga bermacam-macam. 

Na'udzubillaah....
Semoga Allah sehatkan kita semua..
Berikan berkah pada apa yang kita makan dan kita sedekahkan. Aamiin..

Eh ini kalau mau baca artikelnya Prof, disini.