Langsung ke konten utama

Musafir

Bismillaah..

Musafir singkatnya orang yang melakukan safar.
Safar adalah sebuah perjalanan, jaraknya para ulama berbeda pendapat.
Tapi ini bukan akan membahas fiqh mengenai safar.
Hehehe..

Dalam ruang renung, saat hati lapang menerima nasihat.
Aku sering termenung memikirkan, segala kejadian, seluruh penciptaan.
Sampai titik, otakku seakan meledak. Karena akal tidak mampu untuk memikirkannya.

Hakikat dunia, rusak - aku lebih suka menyebutnya fana - ia banyak menjadi tujuan manusia.
Mungkin aku, dulu yang juga mendambakannya.

Namun lebih banyak aku mendengar..
Lebih banyak aku melihat..
Lebih banyak aku memikirkan..
Lebih banyak aku meresapkan..

Ternyata, hidup ini singkat saja.
Dan setelah tidak hidup di sini, ada kehidupan lain yang lebih panjang dan melelahkan.
Maka untuknya kita perlu berbekal.

Rasulullaah shallallaahu 'alayhi wasallam pernah memberikan ibarat, bahwa manusia hidup harus seperti seorang musafir.
Yang sejenak berteduh, lalu kemudian meninggalkan untuk kembali melanjutkan perjalanan.

Begitulah seharusnya kita memandang dunia.
Sebentar. Jangan membawa hal-hal yang akan memberatkan perjalanan.
Dunia hanya untuk berbekal, dan sebaik-baik bekal adalah taqwa.

musaafirussamaa | musafir langit

Komentar