Langsung ke konten utama

Mana Rumahku?

Aku bertanya pada matahari
Ia jawab dengan cahya tenang menjelang senja
Namun saat kupotret ia tak setenang itu
Mungkin gugup
Atau aku yang tak pandai menangkap
Atau aku yang tak tenang

Jantungku berdetak tak seirama
Yang satu meloncat-loncat
Yang lain melambat-lambat

Ini adalah senja hari ke-11 di rumah kontrakanku yang baru
Setelah berpindah
Dari
Satu
Dua
Tiga
Empat
Lima
Enam
Apa harus diganjilkan hingga 7 untuk kami bisa menua di satu bangunan?

Aku.. tak apa
Hanya saja ibu.. bapak.. dan adikku
Pasti tak nyaman terus melanjutkan usia di jalan

Tadi..
Bapak ada panggilan untuk beroleh pekerjaan yang lebih baik.
Namun jauh.. 35 kilometer dari kediaman kami sekarang
Memakan waktu hingga 2 jam jika menggunakan sepeda motor

Aku.. tak mau
Kembali..
Bapak harus berkendara berjam-jam di jalanan yang entah
Usianya yang sudah mau menginjak 50 tahun
Badan yang tak sebugar dulu
Penyakit yang sudah kronis diderita
Duh.. Pak..
Doakan aku punya uang banyak hingga sejahtera tak harus banting tulang

Husnudzon
Husnudzon
Husnudzon

Pasti!
Yakin!
Ada takdir baik lain yang telah Tuhan siapkan
Pasti!
Yakin!
Kami mampu untuk hidup menghadapi segala ujian yang telah haq kadar pahala dan pembersihan dosanya

Tolong kami..
Rahmati kami..
Berkahi kehidupan kami..

Komentar