Langsung ke konten utama

Pengemudi

Bismillaah

Pengemudi
Kiranya kata ini lebih tepat untuk merangkum segala profesi
Mulai dari pak kusir delman, tukang becak, tukang ojek, sopir bajai, sopir angkot, sopir taksi, sopir metromini, supir bus, masinis kereta, pilot, yang kemudian menjadi lebih modern dengan sebutan driver

Pengemudi mengemban tanggung jawab yang besar, dari rupiah yang diberi oleh penumpang ia diberi amanah yang berat, menyampaikan penumpang ke tujuan dengan selamat. Jangan sampai lecet satu apapun.

Sebagai pengguna berbagai jenis angkutan umum aku sangat tahu betapa pentingnya skill dan attitude driver bagi kenyamanan penumpang. Driver yang ugal-ugalan pasti akan menuai celaan. Sebaliknya driver yang begitu baik keterampilan mengemudi dan sikapnya akan cepat beroleh terima kasih yang mendalam.

Sering di jalan, aku bertemu pengamen yang numpang di angkutan. Kadang aku memberinya seribu-dua ribu. Tapi kemudian aku berpikir. Mereka tak berusaha seperti sopir yang membawaku yang telah belajar mengemudi, mengerahkan waktunya, bermodal mobil dan bensin. Ia mencari serpihan rupiah dan menanggung besarnya amanah.

Komentar